Optimasi Bandwidth Hits Local Up To Dengan Transparent Proxy 2.7 Lusca Menggunakan Metode Network Development Life Cycle

  • Hudi Kusuma Bharata, ST., M.Kom.
  • Amat Suroso
Keywords: Proxy, Manajemen Bandwidth, Filtering

Abstract

Akses internet sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan sebagian orang, informasi dengan mudah didapatkan dengan cepat melalui jaringan internet, namun banyak informasi di internet tersebut tidak bermanfaat dan mengarah pada hal yang negatif.Penggunaan jaringan internet juga dimanfaatkan oleh STMIK Bani Saleh, namun kecepatan akses internet di STMIK Bani Saleh tidak stabil akibat penguasaan bandwidth secara individu.

       Untuk memecahkan masalah ini maka digunakan proxy server yang merupakan suatu sistem yang dapat berfungsi untuk menangani caching, filtering web yang mengarah pada hal negatif.Proxy server juga sekaligus sebagai manajement bandwidth yang sangat diperlukan supaya tidak terjadi pengusaan bandwidth secara individu oleh client.Linux OpenSUSE 12.1dipergunakan sebagai sistem operasi proxy server dan menggunakan metode NDLC (Network Development Life Cycle) untuk pengaturanbandwidth.

       Beberapa tahapan dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Pertama tahap analisa sampai perencanaan dan design perangkat hardware maupun software. Berikutnya dibuatlah simulasi dengan tools jaringan sehingga dapat di amati akses dan proses yang akan di buat. Pada tahap imlementasi yang dilakukan adalah melakukan pengujian  ketikaclient mengakses situs yang terlarang atau pemakaian kapasitas bandwidth yang belebihan, maka sistem dapat langsung memblokir akses ke situs tersebut,  tahapan berikutnya  untuk mempercepat akses internet digunakan sistem urlcaching. Sistem url caching mampu melakukan penyimpanan url caching terhadap situs yang telah dibuka, sehingga akses internet ke situs yang sebelumnya pernah diakses akan lebih cepat untuk yang berikutnya.

Published
2019-08-28