Analisis Pengaruh Halangan Tembok Terhadap Wireless

  • Domo Pranowo Kuswandono
Keywords: wireless, akses point, transfer rate, Paired-Sample T Test

Abstract

Perkembangan komunikasi data dengan menggunakan wireless sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan dan mudahnya instalasi, sangat mendukung fleksibilitas dan mobilitas pengguna. Disamping penyedia perangkat jaringan (manufacture) hampir semua sudah mendukung sistem wireless dan harganya pun semakin terjangkau.  Kendala implementasi jaringan tidak mudah ditangkap dari awal karena kurangnya panduan tentang gangguan-gangguan yang muncul.

Dalam penelitian ini penulis melakukan pengujian terhadap salah satu gangguan yaitu redaman dari lingkungan jaringan. Yaitu adanya tembok dilingkungan pengguna jaringan komputer. Dari penilitian ini halamngan tembok memiliki hubungan signifikan terhadap kecepatan transfer data (transfer rate) dan lamanya waktu untuk melaukan transmisi data.

Untuk melakukan penelitian ini digunakan access point dan sepasang perangkat server dan client untuk menguji transfer file. Pengujian dilakukan dengan menggunakan file dengan berbagai ukuran dan jenis file gambar, videa, musik dan dokumen. Tahapan dalam melakukan penelitian ini dari menyiapkan topologi infrastrukur, instalasi server, konfigurasi AP (access point), pemilihan file dan pengujian dengan penghalang dan tanpa penghalang  menggunakan sample paired T Test. Sehingga diperoleh hubungan tembok penghalang sangat signifikan terhadap transfer rate, hasil ini membantu network administrator dapat digunakan untuk memperbaiki penempatan akses point

Published
2019-08-25