Prototipe Sistem Informasi Pemetaan Objek Pariwisata Menggunakan Framework Code Igniter Di Propinsi Jakarta

  • Rudi Budi Agung
  • Panghegar Rikda Pamungkas
Keywords: Sistem Informasi Geografis (SIG), Prototype, Rapid Application Development, purposive sampling, CODEIGNITER, MYSQL

Abstract

DKI Jakarta merupakan ibu kota negara yang dijadikan sebagai pusat kegiatan pemerintahan, perdagangan dan perekonomian. Selain itu DKI Jakarta juga memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata dan memiliki daya tarik wisata tersendiri yang dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Kota Jakarta. Potensi wisata yang terdapat di Kota Jakarta antara lain wisata rekreasi, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata realigi, wisata budaya, wisata belanja.

Kebutuhan informasi di masa sekarang sudah termasuk kedalam kebutuhan yang penting dikarenakan sebuah informasi merupakan penunjang dalam pengembangan sebuah kegiatan, melihat dari timbulnya pernyataan tersebut menganalisis masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perlu adanya penyediaan sistem informasi yang dapat mendukung kegiatan.

Salah satunya sistem informasi persebaran lokasi disuatu daerah, di Provinsi DKI Jakarta sendiri perlu diadakan pengembangan suatu Aplikasi yang menyatakan data persebaran suatu lokasi yang berkonsep Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web yang dapat dipergunakan oleh masyarakat umum untuk menunjukan tata letak/lokasi pencarian suatu lokasi pariwisata dengan mudah.

Pembuatan Prototipe dengan metode pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Rapid Application Development dan menggunakan diagram ERD, DFD untuk pemodelan aplikasi yang dibangun, serta menggunakan framework CODEIGNITER dan MYSQL sebagai basis data.

Pengambilan data bersifat purposive sampling (pengambilan data sempel secara acak), namun tetap pada pedoman dari pemprov DKI Jakarta sebagai acuan data real yang diambil dari laman situs http://data.jakarta.go.id/dataset/.

Published
2019-03-03