Analisis Kualitas Pelayanan Penjualan Online Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

  • Author Super STMIK
  • Hannie S.Kom, M.M.Si Fakultas Ilmu Komputer Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Customer Satisfaction Index, Penjualan Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan penjualan online yang telah diberikan oleh blanjamart dan menentukan kriteria-kriteria yang menjadi prioritas perbaikan pelayanan penjualan online dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari metode CSI menunjukkan tingkat kepuasan konsumen sebesar 68.26%. Nilai tersebut berada pada rentang 66-80% yang menunjukkan bahwa konsumen puas terhadap kinerja atribut kualitas pelayanan penjualan online blanjamart, tetapi nilai kepuasan konsumen akan menurun (di bawah 60%) bila penjual tidak meningkatkan kualitas penjualan online seperti kecepatan penjualan dalam memproses pesananan dan kecepatan atau respon dalam memberikan informasi deskripsi produk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Non Probability Sampling, sedangkan jenis Non Probability Sampling yang digunakan yaitu Purpose Sampling.

Published
2018-03-27