Persepsi Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Dengan Model Block System Learning (Sub Judul: Inovasi Teknologi Pembelajaran)

  • Hadiansyah Ma’sum
  • Lulu Ulfa Sholihannisa
Keywords: Kinerja Dosen, Block System, Learning

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam pembelajaran model block system learning. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Manajemen Informatika Politeknik LP3I Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert survey angket kuesioner. Hasil penelitian dari data skor angket kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa sebanyak 200 populasi diperoleh sample dengan menggunakan rumus slovin yaitu 67 responden antara lain: 1) pengalaman mahasiswa dari pembelajaran yang telah diikuti dalam perkuliahan diperoleh skor rerata tertinggi sebesar 3,92%; 2) pada perencanaan pembelajaran yang dipersiapkan oleh dosen dengan pernyataan “dosen mempersiapkan dan menggunakan RPS sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran” memperoleh skor rerata tertinggi 3,79%; 3) pada pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen mendapat skor rerata tertinggi sebesar 4,01% dan skor rerata terendah 3,26%; 4) pada penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh dosen memperoleh rerata sebesar 3,65%; 5) pada komponen sarana prasarana diperoleh skor rerata paling tinggi sebesar 3,82% dan skor rerata terendah 3,29% pada pernyataan “kapasitas ruang kelas dan laboratorium menunjang dalam keberhasilan tujuan dan capaian pembelajaran”; 6) yang menjadi komponen terakhir yaitu penggunaan teknologi dalam pembelajaran memperoleh skor rerata 3,37%.

Published
2020-07-10