PENGGUNAAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN PELAYANAN TIKET TEMPAT WISATA SUNGE JINGKEM SEMBILANGAN BEKASI
Kata Kunci:
Extreme Programming, Sistem Manajemen Pelayanan Tiket, SMPT, Iterasi, AplikasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi web menggunakan metodologi extreme programming yaitu Sistem Manajemen Pelayanan Tiket. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini fokus pada kajian perancangan, pengembangan serta evaluasi dari aplikasi web yang dikembangkan. Struktur model yang digunakan dalam metodologi pengembangan extreme programming adalah penggunaan iterasi dalam mengerjakan aktivitas
pengembangan meliputi planning, design, coding dan testing and deployment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Sistem Manajemen Pelayanan Tiket (SMPT) ini dapat menutupi permasalahan pengelolaan tiket wisata yang telah terjadi di tempat wisata sunge jingkem sembilangan (2) bisa mempermudah pengelolaan laporan tiket-tiket wisatawan yang sudah terjual, (3) masing-masing tiket yang dijual sudah dikalkulasikan jumlahnya oleh SMPT.