Penggunaan Media Windows Movie Maker Untuk Memprediksi Pemahaman Matakuliah Akuntansi Dengan Metode Support Vector Machine

  • Fidya Arie Pratama
  • Nining Rahaningsih
  • Nurhadiansyah .

Abstract

Abstrak -  Semakin masifnya perkembangan dunia teknologi memaksa dosen sebagai pendidik untuk berinovasi dalam proses pembelajaran, baik dari sisi penggunakan metode maupun penggunakan media pembelajaran terus dicari pembaharuannya. Salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan windows movie maker dimana dalam software ini tersedia fitur-fitur lengkap untuk mendesain video pembelajaran sesuai dengan konten ajar yang akan disampaikan oleh para pendidik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain time series. Instrument penelitian ini menggunakan bentuk test yang terbagi dalam pre test (tes kemampuan awal) dan post test (tes kemampuan akhir) yang kemudian hasil tes tersebut diprediksi dengan menggunakan support vector machine untuk dapat memprediksi pemahaman materi matakuliah akuntansi. Hasil penelitian ini menunjukkan dari pembagian 4 parameter (kurang, baik, sangat baik, dan istimewa) menunjukkan grafik mayoritas sangat baik. Sementara itu Akurasi yang didapatkan dari penelitian Penggunaan Media Windows Movie Maker Untuk Memprediksi Pemahaman Matakuliah Akuntansi Dengan Metode Support Vector Machine yang diolah menggunakan Rapid Miner adalah 79,55%.

Published
2020-07-05